Senin, 21 November 2011

Tim Futsal Garuda Takhluk di Kaki Tim Gajah Putih

JAKARTA – Tim nasional Futsal Putra, harus melupakan mimpinya untuk masuk final dan merebut emas. Pasalnya, Tim Garuda gagal melewati hadangan Thailand di semi final. Indonesia tumbang oleh Gajah Putih, dengan kekalahan 4-7.

Di menit-menit awal babak pertama, Indonesia sudah harus kecolongan duluan. Tekanan yang diberikan Thailand, berdampak buruk bagi pertahanan Indonesia, sampai-sampai Hairul Saleh Ohorella, melakuka gol bunuh diri, ketika ingin menyelamatkan bola dari gawang. Skor langsung berubah 1-0 di menit pertama.

Indonesia sempat beberapa kali keluar dari tekanan dan membahayakan lini belakang Thailand. Tapi kans Jaelani Ladjanibi di menit ke-6, hanya tipis keluar dari mistar gawang. Selang beberapa menit dari peluang Jaelani, Thailand menciptakan gol kedua, melalui gol dari Panomkorn Saisorn, di menit ke-9.

Skor 2-0, membuat anak-anak asuh Robby Hartono itu kian agresif untuk menciptakan gol, menyusul ketertinggalan mereka. Tapi sejumlah peluang, kembali terbuang percuma, karena terlalu lama memegang bola dan kehilangan momentum peluang.

Kiper Yos Adi harus memungut bola dari gawang untuk ketiga kalinya. Kali ini, gol Thailand datang dari Sermphan Khumthinkaew, yang mendapat assist dari Suphawut Thueanklang di menit ke-18. Skor 3-0 untuk keunggulan tim Gajah Putih.

Tim Garuda baru bisa menorehkan gol pertama, untuk memperkecil keadaan, di menit ke 20, lewat Afif Tamimy, yang mendapat sodoran umpan dari Jaelani Ladjanibi. Tinggal beberapa detik selang turun minum, Thailand menambah gol keempat, lewat kaki Nattavut Madyalan. Skor 4-1 akhirnya bertahan hingga jeda.

Tak butuh waktu lama untuk Thailand, kembali meninggalkan Indonesia. Jetsada Chudech membuat Indonnesia harus kecolongan 5 gol, lewat gol yang dicetaknya di menit ke-22. Jetsada seperti sosok antagonis untuk Indonesia. Berselang dari gol pertamanya, Jetsada merampungkan gol keduanya, pada menit ke-23. Skor 6-1 untuk kedigdayaan Thailand.

Tim Gajah Putih, ternyata tak puas dengan skor 6-1, mereka masih terus agresif dan kembali mengoyak jaring Indonesia, untuk ketujuh kalinya, di menit ke-27, melalui kapten tim, Panuwat Janta. Ironisnya, Janta juga lah, yang memberikan gol kedua Indonesia, melalui gol bunuh dirinya di menit ke-31. Skor 7-2, masih untuk kemenangan Thailand.

Tim Garuda baru bisa mencatatkan gol ketiga, pada menit ke-34. Gol yang disarangkan Sayan Karmadi ini, tercipta melalui sebuah tendangan bebas. Skor bertambah utuk Indonesia, 3-7. Seiring dengan berkurangnya waktu, pelatih Robby Hartono pun beberapa kali mengganti kiper dengan pemain, sebut saja, Sayan Karmadi yang kerap ditukar dengan kiper Ahmad Surya Maulana, ketika posisi Indonesia sedang menyerang.

Memasuki 5 menit terakhir, determinasi Thailand menghilang, dan gentian Indonesia yang memegang kendali bola dan serangan. Sementara Thailand hanya menunggu di daerah pertahanannya. Gol keempat, sekaligus gol penutup laga, diciptakan Hairul Saleh Ohorella, di menit ke-20. Selang beberapa detik kemudian, laga berakhir dengan skor 7-4, untuk kemenangan Thailand.

Beberapa kali peluang emas tercipta, tapi kiper Thailand, Surapong Tompa bermain cemerlang sore ini. Sampai bunyi

Indonesia: Yos Adi Wicaksono (GK), Ahmad Surya Maulana (GK), Vennard Hutabarat (Kapten), Afif Tamimy, Ali Haidar, Angga Surya Saputra, Hairul Saleh Ohorella, Indra Kurnia Purnomo, Jaelani Ladjanibi, Jefri Purba, Sayan Karmadi, Stefanus Home.

Thailand: Anuwat Saket (GK), Surapong Tompa (GK), Panuwat Janta (Kapten), Ekapong Suratsawang, Jetsada Chudech, Kritsada Wongkaeo, Lertchai Issarasuwipakorn, Nattavut Madyalan, Natthapon Suttiroj, Panomkorn Saisorn, Sermphan Khumthinkaew, Suphawut Thueanklang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar